Sukses

Parenting

Fakta Tentang Hubungan Seksual

Banyak orang masih sering kebingungan membedakan fakta, mitos, dan isu tentang seks. Berikut adalah beberapa fakta, mitos, dan isu seks yang umum di masyarakat, seperti dilansir plannedparenthood.org.

1. Apakah memungkinkan dapat hamil pada saat pertama kali melakukan hubungan seksual? Atau bisakah hamil meski tidak sering melakukannya ?

Banyak orang percaya bahwa seorang wanita tidak akan bisa hamil dari hubungan seks pertama. Faktanya, kehamilan dapat terjadi baik dari hubungan pertama atau ke seratus. Melakukan hubungan seksual dengan tidak aman juga dapat mengakibatkan kehamilan. Bahkan ada kemungkinan seorang gadis untuk hamil sebelum dia mengalami menstruasi pertamanya mengingat sel telur dilepaskan sebelum mengalami menstruasi.

Kehamilan juga dapat terjadi pada seseorang yang tidak rutin melakukan hubungan seks. Selama sel sperma bertemu dengan sel telur maka akan terjadi kehamilan. Bagaimanapun kehamilan dapat dikontrol, maka melakukan perencanaan atas kehamilan sangatlah penting.

2. Jika melakukan hubungan seks saat menstruasi, apakah mungkin bisa hamil?

Jawabannya bisa. Mitos yang menyebutkan bahwa seks saat menstruasi tak menyebabkan kehamilan adalah salah. Untuk wanita yang siklus menstruasinya singkat atau tidak teratur, kehamilan dapat terjadi meski mereka melakukan hubungan seksual pada masa menstruasi.

3. Apakah kondom benar-benar berfungsi?

Kepercayaan bahwa kondom tidak memberi pengaruh atas kehamilan setelah melakukan hubungan seksual adalah tidak benar. Jika penggunaannya benar, kondom terbukti 98% efektif dalam mencegah kehamilan. Kondom juga terbukti melindungi seseorang dari penyakit menular seksual.

Oleh: Senorita.a

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading