Sukses

Parenting

Mencegah Kanker Serviks

Salah satu penyakit mematikan adalah penyakit kanker. Dan bagi wanita, kanker serviks adalah salah satu kanker mematikan yang sangat dekat dengan kehidupan. Nah, Ladies, sebenarnya penyakit ini dapat dicegah sejak dini lho. Seperti yang dilansir Republika.co.id, penyakit kanker serviks sangat mungkin bisa dicegah sejak dini dengan berbagai upaya. Apa saja itu langkah dan upaya untuk mencegahnya? Berikut ini jawabannya untuk Anda:

- Tidak berhubungan seksual dengan pria yang sering berganti-ganti pasangan.
- Pelihara kesehatan tubuh dengan melakukan pap smear secara rutin dan menghentikan kebiasaan merokok.
- Konsumsi makanan yang sehat dan memperbanyak sayuran berwarna hijau tua dan kuning yang mengandung berbagai macam zat yang berguna bagi tubuh, seperti beta karoten, vitamin C dan E.
- Lakukan vaksinasi virus jika dibutuhkan di rumah sakit terdekat dan berkonsultasilah dengan dokter.

Tidak hanya itu, sebagaimana yang diulas Bidanku.com, menjaga sanitasi lingkungan dan menghindari pembersihan bagian genital dengan air yang kotor adalah tips sederhana yang bermanfaat dalam pencegahan penyakit mematikan ini.

Bagi Anda yang telah aktif melakukan hubungan suami-istri, maka ada baiknya jika Anda mulai rutin melakukan pemeriksaan pap smear minimal 2 tahun sekali. Dan bagi Anda yang belum pernah melakukan hubungan suami-istri, disarankan untuk melakukan vaksinasi HPV. Yang terpenting adalah jangan pernah bercinta di usia dini.

Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa meskipun penyakit ini adalah penyakit yang sangat mematikan bagi kaum wanita, tetap saja ada banyak cara untuk mencegahnya. Kunci dari semua pencegahan itu adalah pada diri kita sendiri, dan pasangan tentunya, Ladies.

Oleh: Surya Fajar

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading