Sukses

Parenting

Malaysia Belum Siap Terapkan Pendidikan Seks di Sekolah

Ladies, di Indonesia pendidikan seks sudah mulai banyak diterapkan di sekolah. Mulai dari tingkat SMP dan SMA, sekolah-sekolah telah dengan khusus menyediakan jam pelajaran untuk pendidikan seks. Hal ini dilakukan seiring dengan munculnya kesadaran masyarakat secara umum tentang seks bebas yang semakin menyeruak masuk ke dalam pergaulan pelajar.

Meskipun isu tentang seks bebas sudah mencakup lingkup global di dunia, dan permasalahan seperti semakin banyaknya aborsi, hubungan seksual pra nikah, hingga anak yang lahir tanpa status pernikahan orang tua di berbagai belahan dunia semakin meningkat, ternyata tidak semua negara siap untuk menerapkan pendidikan seks.

Contohnya adalah Malaysia, si Negeri Jiran. Seperti yang dilansir oleh laman thestar.com menyebutkan bahwa para pendidik di Malaysia menolak untuk menerapkan pendidikan seks di sekolahnya. Mengapa, ya?

Dikatakan dalam laman yang sama bahwa mereka menyadari para pendidik yang sudah ada kurang memiliki pengetahuan seputar pendidikan seks, terutama tentang kompleksitas serta sensitivitas pembahasan materi sehubungan dengan psikologis dan respon siswa.

Selain itu Ladies, para pendidik merasa belum pantas untuk mengajarkan tentang seks sebab pembahasan seks akan bahaya jika diterima dan disalahartikan. Hal tersebut juga yang menjadi kekhawatiran bagi pendidik di Malaysia jika suatu hari nanti wali murid akan menyalahkan apa yang terjadi kepada mereka. Sehingga keputusan akhir adalah untuk menolak melakukannya dahulu.

Nah Ladies, hal tersebut bisa menjadi pelajaran bagi kita semua, terutama yang menjadi pendidik langsung pada pendidikan seks untuk berhati-hati dalam mengajar sebab pemahaman yang keliru juga bisa saja terjadi.

Oleh: Kamilah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading