Sukses

Parenting

Pendidikan Seksual: How to Start?

Halo Ladies, apa kabar? Bagaimana perkembangan putra-putri Anda yang masih bersekolah? Pastikan semua kondisi aman terjaga sehingga Anda sebagai orang tua akan merasa tenang di rumah atau di kantor.

Nah Ladies, memang tidak bisa dipungkiri bahwa dalam lubuk hati Anda ada sedikit kekhawatiran ketika putra-putri Anda berada di luar rumah, sekalipun mereka sedang bersekolah. Tentang dengan siapa mereka bergaul, ke mana mereka pergi sepulang dari sekolah, bagaimana mereka bergaul, dan lain sebagainya. Apalagi ketika Anda mendengar tentang semakin merebaknya seks bebas, wah semakin khawatir aja.

Lalu bagaimana, Ladies? Hal yang bisa Anda lakukan mulai saat ini adalah dengan memberikan pendidikan seks. Setuju? Lalu bagaimana cara memulainya?

Seperti yang dilansir oleh laman plannedparenthood.org, hal yang perlu dilakukan adalah membuat standar dalam diri orang tua sebagai pendidiknya bahwa pendidikan seks bukan berarti hanya seputar tentang bercinta, namun lebih kepada bentuk tubuh, kontrasepsi, pertumbuhkembangan orang – baik pria maupun wanita, reproduksi manusia, kehamilan, nilai seks, dan tak terlupa bagaimana menahan hasrat untuk berhubungan seksual sebelum masanya tiba (menikah).

Untuk memulainya, Anda bisa melihat kondisi yang sedang urgen dulu. Contohnya saja ketika Anda mengetahui bahwa putra atau putri Anda sudah memiliki pacar. Cari tahu sejauh apa mereka bergaul dengan pacarnya. Jika belum terlalu jauh, ajarkan pada mereka untuk tetap menjaga diri, terutama kehormatan mereka agar tidak muncul penyesalan nanti.

Oleh: Kamilah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading