Sukses

Parenting

Berbicara Tentang Seks Kepada Remaja

Memang, pendidikan seks sudah diberikan di bangku sekolah. Akan tetapi, peran orang tua di rumah juga sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan pendidikan seks, terutama bagi remaja.

Sebagaimana dilansir Mayoclinic.com, bahwa diskusi sederhana antara orang tua dan anak di berbagai kesempatan ketika mereka bersama adalah salah satu cara jitu bagi orang tua untuk menyampaikan pendidikan seks kepada anak remaja mereka. Dengan demikian, Anda harus pintar-pintar untuk bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan anak remaja Anda dengan jujur dan jelas.

Jika Anda merasa tidak nyaman, tetap katakan yang sejujurnya karena pada tahap ini, jawaban yang jujur dan jelas sangat diperlukan oleh mereka yang sedang mengalami masa-masa pencari jati diri sebagai remaja. Selain itu, Anda juga bisa menyampaikan isu-isu hangat yang anak remaja Anda harus tahu, seperti resiko seks bebas yang membawa berbagai macam penyakit berbahaya, sehingga anak remaja Anda merasa perlu untuk menghindari seks bebas.

Akan tetapi, perlu Anda pertimbangkan pula cara pandang remaja, di mana Anda tidak seharusnya menguliahi mereka dengan teknik menakut-nakuti mereka. Pahamilah anak remaja Anda, dan ajak mereka untuk bisa menjaga komunikasi yang baik dengan Anda.

Di samping itu, Anda juga seharusnya menanamkan nilai dan moral dalam edukasi ini, sehingga anak remaja Anda memiliki pengetahuan yang lengkap dan objektif tentang seks yang seringkali masih dianggap tabu.

Oleh: Surya Fajar

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading