Sukses

Parenting

Pentingnya Memberikan Pendidikan Seksual Pada Anak

Pendidikan seksual pada anak sepertinya telah menjadi salah satu topik yang lumayan populer belakangan ini. Bahkan, ada wacana untuk menerapkan pendidikan seksual di sekolah. Memang, wacana tersebut menuai banyak pro dan juga kontra. Namun, mengingat banyaknya permasalahan seksual yang terjadi pada anak membuat penerapan pendidikan seksual di sekolah harus segera diterapkan.

Walaupun sejatinya orangtua ingin selalu dapat bersama anak-anak mereka, namun pada kenyataannya, mereka tidak dapat selama 24 jam penuh menjaga anak-anak. Bunda dan pasangan tentunya memiliki kesibukan lain seperti contohnya berkerja. Begitu pun anak-anak, mereka juga harus menjalani kehidupan sosial seperti bersekolah dan bermain dengan teman sebaya.

Banyak orangtua yang masih menganggap membicarakan permasalahan seksual pada anak merupakan hal yang masih tabu. Merekamasih risih menceritakan pada anak-anak mereka perihal persolan-persolan seksual yang kerap muncul. Padahal sejatinya, membiarkan anak-anak pada ketidaktahuan seperti itu hanya akan membuat mereka penasaran.

Berangkat dari persoalan tersebut, banyak orang yang mengatakan bahwa memberikan pendidikan seksual di sekolah dapat membantu orangtua. Laman menurut laman voices.yahoo.com, melarang anak untuk mengetahui permasalahan seksual hanya akan menjerumuskan mereka kepada hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika orangtua melarang anak mereka melakukan sesuatu yang berhubungan dengan seks tanpa memberikan alasan yang jelas, kemungkinan besar mereka akan melakukan hal tersebut tanpa diketahui orangtua. Oleh karena itu, memberikan penjelasan kepada anak-anak merupakan hal yang terbaik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Oleh: Ratna K. D.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading