Sukses

Parenting

Pendidikan Seksual Untuk Anak Sekolah Dasar Oleh Orang Tua

Perubahan yang terjadi pada anak baik secara fisik maupun emosional sangat berpengaruh besar pada perkembangan seorang anak. Namun membicarakan masalah perkembangan mereka akan sangat membantu dalam proses mereka untuk menjalani proses yang cukup sensitif ini.

Orang tua lebih sering membicarakan saat anaknya tumbuh gigi atau kapan anaknya bisa tengkurap dibanding perkembangan tubuhnya. Hal ini dapat dimaklumi mengingat perkembangan seseorang bersifat sangat pribadi dan banyak orang tua yang kurang pengetahuan dalam menghadapi situasi seperti ini.

Pada dasarnya mengetahui perkembangan seksual anak sangatlah penting sesuai dengan umur mereka. Dengan mengetahui perkembangan anak, orang tua dapat membantu permasalahan yang mungkin dihadapi anak.

Pertanyaan anak sekolah dasar tentang seksual biasanya terbatas pada perkembangan tubuhnya atau tubuh orang di sekitarnya. Pemilihan jawaban dari pertanyaan yang sering muncul dari anak seperti “Apa itu seks?” atau “ Aku berasal dari mana?” lebih diarahkan pada bagaimana seluruh anggota keluarga dapat menerima dan menanggapi jenis pembicaraan seperti ini.

Saran dari betterhealth.vic.gov.au, jangan bereaksi keterlaluan saat anak mulai tertarik membicarakan hal yang berhubungan dengan seks atau tentang lawan jenisnya. Hal ini sangat lumrah terjadi. Batasan bahasan anak pada masa sekolah dasar masih biasanya masih seputar rasa malu jika orang tua masih melepaskan baju mereka, ketertarikan akan perbedaan jenis kelamin dan lainya.

Ada beberapa saran untuk Bunda yang sedang menghadapi anak yang sedang aktif bertanya, antara lain jangan menunggu anak untuk bertanya, mungkin anak merasa malu untuk bertanya. Pada anak perempuan biasanya pertumbuhan buah dada dimulai pada usia delapan atau sembilan, pada masa ini Bunda bisa memuali memberikan arahan tentang perubahan bentuk tubuh.

Oleh: Senorita.A

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading