Sukses

Parenting

Menjelaskan Kehamilan Kepada Anak

Bunda, kehamilan adalah salah satu momen yang indah dan membahagiakan dalam kehidupan. Tapi, bagaimana jika si kecil bertanya tentang kehamilan dan kondisi fisik Bunda yang akan berubah seiring dengan berjalannya waktu? Jawablah dengan "benar" Bunda, sebagaimana dilansir Parenting.com, ada 2 jenis jawaban, yakni yang menggunakan pendekatan minimal dan pendekatan maksimal, sesuaikanlah dengan usia dan level perkembangan si kecil. Tips berikut ini akan membantu Bunda menjawab pertanyaan-pertanyaan si kecil.

Sampaikan dengan sederhana

Pertimbangkan usia dan level perkembangan si kecil. Berikan pula fakta-fakta yang sederhana dan mudah dipahami oleh dia dan hindari penyampaian informasi yang belum perlu atau belum sesuai dengan perkembangan dia. Sampaikan pula kepada si kecil bahwa ada seorang bayi mungil dan lucu yang sedang berada di dalam perut Bunda karena ayah dan Bunda saling mencintai dan menyayangi.

Siap untuk menjawab pertanyaan si kecil

Si kecil yang antusias akan terus bertanya. Bunda harus siap dengan berbagai macam pertanyaan yang mungkin keluar dari mulut si kecil. Misalnya, "Bagaimana bayi itu keluar dari perut Bunda?", nah, untuk pertanyaan seperti ini, jawablah dengan jujur dan sederhana serta sesuaikan dengan pola pikir dan logika si kecil. Jangan berbohong ya Bunda.

Gunakan gambar

Bunda juga bisa menunjukkan kepada si kecil gambar-gambar yang sesuai dengan usianya untuk menjelaskan proses kehamilan dan melahirkan. Selain itu, libatkan si kecil dalam kehamilan Bunda, seperti mengajaknya mengunjungi dokter untuk melakukan cek ultrasound atau menunjukkan padanya foto-foto sonogram. Biarkan dia menyentuh perut Bunda, berbicara pada si bayi calon adiknya yang sedang berada di perut.

Yang terpenting, jawablah dengan jujur sesuai tingkat pemahaman si kecil, dan jangan pernah berbohong kepadanya. Ingat Bunda, ketika Bunda berbohong, maka jawaban akan membingungkan si kecil.

Oleh: Surya Fajar

(vem/rsk)
Loading