Sukses

Parenting

Mengenalkan Seks Pada Anak Sejak Dini

Saat anak mulai menanyakan tentang perkembangan tubuhnya dan tubuh orang lain di sekitarnya, orang tua biasanya akan mengatakan belum saatnya dia untuk tahu. Hal ini akan membuat anak semakin penasaran dan mencoba mendapat jawaban dari sumber lain.
Ada 5 cara yang dapat diterapkan pada anak agar nantinya mereka dapat mengembangkan pengetahuan mereka tentang seks sesuai dengan perkembangannya, seperti dilansir theresurgence.com.

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah menciptakan pola komunikasi yang positif, aman, dan terbuka dengan anak khususnya tentang seksualitas dan perkembangan tubuh. anak-anak akan sangat sering bertanya tentang dirinya sendiri maupun orang lain. Memberikan jawaban yang sesuai dengan umur dan tingkat pertumbuhan mereka secara terbuka dan apa adanya akan sangat membantu menumbuhkan kepercayaan diri dan kepercayaan anak pada Bunda.

Penggunaan kata yang lebih menarik seperti “kejutan” akan lebih efektif dibanding menggunakan “rahasia” dalam penyampaian pada anak. Pembiasaan untuk menggunakan nama yang benar dalam menyebutkan bagian tubuh juga membantu anak untuk dapat mengenal anggota tubuh mereka. Beri juga anak pengetahuan tentang perilaku-perilaku yang dapat menyebabkan pelecehan seksual.

Beberapa anak biasanya merasa malu bertanya tentang hal yang berhubungan dengan seks meskipun sebenarnya mereka sangat penasaran. Dalam kasus seperti ini, orang tua dapat memulai pembicaraan terlebih dahulu. Penjelasan sederhana seperti alasan mengapa dia hanya boleh melepas bajunya jika sedang di dalam rumah akan sangat membantu. Buat anak tahu bahwa mereka dapat bercerita kepada orangtuanya jika mereka merasa tidak nyaman dengan seseorang yang menyentuh daerah pribadi mereka dengan cara apapun.

Terakhir, ajarkan anak untuk mengerti tanggung jawab untuk menghargai batasan-batasan atas orang lain. Pastikan anak tahu bahwa merekalah yang memiliki kuasa atas diri mereka dan ada saat dia ingin memiliki ruang privasi dia bisa menolak orang yang menyapanya dengan pelukan misalnya dan menggantinya dengan toss atau yang lainnya.

Oleh: Senorita.a

(vem/rsk)
What's On Fimela
Loading