Sukses

Parenting

Tips Memberikan Pengetahuan Dasar Tentang Seks Untuk Orang Tua

Peran orang tua dalam pemberian pengetahuan seksual pada anak sangatlah penting mengingat sumber ilmu yang di dapat anak pertama kali adalah dari orang tua. Seks bukan hanya tentang hubungan suami istri tapi juga tentang pertumbuhan anak. Berikut adalah beberapa tips yang Ayah atau Bunda dapat manfaatkan dalam penyampaian pengetahuan seks pada anak, seperti dilansir betterhealth.vic.gov.au.

Persiapkan diri anda

Peroleh pengetahuan sebanyak mungkin cari informasi tentang materi yang akan dibicarakan, seperti: menstruasi, aborsi, hubungan sebelum pernikahan, dan banyak lagi. Semakin banyak yang kita tahu semakin baik.
Situasikan sebagai obrolan ringan: akan lebih mudah bagi anak untuk memahami apa yang sedang kita bicarakan dalam keadaan yang santai ketimbang situasi yang serius.

Memulai percakapan

Lakukan kontak mata dengan anak: menghindari kontak mata justru memberi kesan bahwa kita tidak nyaman membicarakan topik ini.
Beri contoh: jika Ayah Bunda merasa cukup nyaman, dapat ditambahkan juga contoh dari pengalaman yang pernah Ayah Bunda alami.

Jika diskusi mengenai seks terasa sulit untuk dilakukan bersama, coba gunakan pendekatan lain kepada anak untuk dapat membahasnya bersama. jika terasa terlalu sulit dan Ayah Bunda merasa butuh bantuan, Ayah Bunda bisa menghubungi dokter keluarga dan menanyakan tentang hal ini atau mencari informasi tambahan melalui perpustakaan.

Oleh: Senorita. A

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading