Sukses

Parenting

Tips Bagi Bunda Untuk Memberikan Pendidikan Seks Pada Anak

Mengingat pentingnya pemberian pendidikan seksual pada anak, sebagai orangtua, Bunda harus mulai mempelajari bagaimana cara memberikan pengarahan mengenai pendidikan seksual. Memang, terkadang sangat sulit untuk berbincang dengan anak mengenai permasalahan ini. Namun, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya, pendidikan seksual harus segera diberikan pada anak.

Pendidikan seksual merupakan sebuah proses yang berjalan terus-menerus. Untuk itu, berikanlah sedikit waktu bagi putra-putri anda untuk dapat berbincang mengenai permasalahan ini. Memang, pada awalnya Bunda akan merasa canggung, namun percayalah Bunda, memberikan pendidikan seksual pada anak dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, selain itu pemberian pendidikan seksual juga dapat membuat anda dan buah hati menjadi lebih dekat.

Ada satu tips yang dilansir dari laman betterhealth.com yang bisa Bunda lakukan dalam memberikan pendidikan seksual pada anak, yakni hindari pasangan anda ikut dalam perbincangan masalah seksual antara anda dan buah hati. Anak-anak biasanya akan lebih terbuka ketika mereka bercerita dengan Ibu mereka. Membiarkan pasangan anda ikut dalam perbincangan hanya akan membuat anak anda merasa tidak nyaman, mereka biasanya akan membatasi topik pembicaraan karena canggung terhadap Ayah mereka.

Selain itu, kebanyakan dari Bunda lebih sering berbincang mengenai permasalahan seksual dengan anak wanita daripada dengan anak laki-laki. Ini merupakan hal yang harus Bunda hindari, cobalah juga untuk melakukan perbincangan mengenai seksual dengan anak laki-laki anda. Bahkan membiarkannya mereka mengerti dengan permasalahan seksual juga merupakan salah satu dari pendidikan seksual.

Oleh: Ratna K.D

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading