Sukses

Parenting

Perkembangan Balita dalam Berbicara dari Bulan ke Bulan (1)

Sudahkah Anda mencatat kata pertama yang keluar dari mulut balita Anda? Pada usia berapakah itu? Perkembangan balita Anda sebaiknya dicatat terus ya Bunda, agar Anda bisa memonitor sejauh mana perkembangannya hingga kini.

Gemas dan bahagia rasanya ketika mendengar balita Anda mampu menyebutkan kata ‘mama’ dan ‘papa’. Anda pun mungkin tidak menyadarinya ketika awal mula ia masih berusaha mengucapkan ‘baaa’ atau ‘maa’ hingga kini mampu merangkainya.

Nah Moms, berikut bagi Anda yang sudah lupa dan ingin untuk mengingatnya kembali, ada runtutan perkembangan normal berbicaranya dari 1 bulan hingga 5 tahun, yang dirangkum dari laman patient.co.uk.

1-6 bulan: merespon dengan ‘rrr atau ‘hhhmmm’ pada suara yang didengarnya.

6-9 bulan: mengucap seperti ‘da’ dan ‘ba’ hingga ketika menuju usia 7-8 bulan, ia menggabungnya menjadi ‘da-da’ atau ‘ba-ba’.

10-11 bulan: ia sudah mulai bisa menirukan suara yang sederhana, bukan kalimat.

12 bulan: inilah saat biasanya balita Anda mulai mengucapkan ‘mama’ dan ‘papa’ atau kata bermakna yang sederhana lainnya.

13-15 bulan: ia sudah bisa mengucapkan beberapa kata, antara 4 hingga 7 kata dengan benar, atau setidaknya sudah bisa menggumamnya.

15 bulan: ia sudah punya jargon sendiri sekarang.

Nah Bun, adakah yang Anda ingat sekarang? Atau mungkin balita Anda sudah melampaui perkembangan normalnya? Hebat! Berkat dukungan Anda juga ia mampu berkembang demikian, loh. Selamat, ya.

Dan jangan lupa ikuti terus ulasan penting terkait perkembangan wicara balita Anda di ulasan berikutnya ya!


Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading