Sukses

Parenting

Pertolongan Pertama jika Dada Sesak Nafas pada Anak

Bunda, Sesak nafas merupakan gejala dari suatu penyakit serius yang tidak boleh diremehkan karena dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu, jika anak sesak nafas harus segera dilakukan pertolongan jika dada sesak nafas.

Sesak napas merupakan keluhan yang dirasakan oleh pasien berupa rasa tidak nyaman, nyeri atau sensasi berat, selama proses pernapasan. Pada sesak napas, frekuensi pernapasan meningkat di atas 24 kali per menit.

Dijelaskan pada situs mayoclinic.com, pertolongan pertama yang harus Anda lakukan ketika si kecil sesak nafas ialah:

1. Segeralah mencari tempat nyaman, bila perlu bawalah anak Anda ke temapt tidur atau di ruangan manapun, yang penting ruangan tersebut dapat membuat anak Anda beristirahat dengan tenang.

2. Longgarkan pakainnya, supaya tidak merasa sesak. Lalu pijatlah daerah syaraf paru-paru yang terletak diatas jempol kaki.

3. Posisikan si kecil dengan keadaan duduk atau setengah duduk. Jangan pernah memposisikan si kecil yang sesak nafas dengan posisi tidur.

4. Bila perlu ajak anak Anda berbicara untuk menenangkannya. Anda jangan panik ketika anak Anda mengalami sesak nafas.

Nah, langkah-langkah tersebut dapat dilakukan jika anak sesak nafas sewaktu-waktu di rumah. Jika pertolongan pertama untuk mengatasi anak sesak nafas seperti diatas tidak ada kemajuan, segeralah Anda pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading