Sukses

Parenting

Perkembangan Balita Secara Umum

Hai, Moms. Hari terasa selalu cerah ketika Anda bangun dan mendapati balita Anda di sisi Anda yang mungkin sedang tidur pulas. Anda pun siap untuk kembali memonitor perkembangan balita Anda.

Oyah, Moms, sudahkah Anda berkonsultasi dengan dokter dan menanyakan tentang perkembangan balita Anda? Adakah sesuatu yang harus diwaspadai? Atau semuanya berjalan normal dan seperti apa umumnya?

Masalahnya adalah seperti apa sih perkembangan balita yang umum itu? Seperti yang dilansir oleh laman kidshealth.org bahwa ada beberapa hal umum yang patut dicatat oleh bunda yang perhatian seperti Anda.

Sudah siap dengan alat catat? Berikut informasinya.

Mulai pada tahun ketiga hidupnya, Anda sebaiknya rajin mengukur tinggi badannya. Pada usia ini, seharusnya balita Anda sudah tumbuh antara 2 hingga 3 inchi, atau 5 hingga 8 sentimeter.

Selain itu, berat badannya juga harus rajin ditimbang. Balita mulai usia 3 tahun, berat badannya sudah bertambah 1,8 kg.
Nah Moms, dengan mengetahui perkembangannya secara umum seperti ini, Anda tentu akan lebih rajin mengunjungi posyandu atau dokter untuk menimbang dan mengukur bayi Anda, kan? Harus itu.

Di samping itu, ada juga perkembangan balita secara umum dari sisi nafsu makannya. Jangan sebal ya kalau balita Anda makannya suka pilih-pilih, apalagi sampai membentaknya. Hmm, bisa-bisa ia tidak jadi makan, Moms.

Sebagai penangkalnya, Anda bisa menyediakan berbagai menu kaya nutrisi yang disajikan dengan menarik, lalu biarkan dia yang memilih. Nutrisi dalam makanan harus dipertimbangkan demi menunjang tumbuh kembangnya.

Meskipun tinggi dan berat balita berbeda-beda, yang harus ditekankan adalah mereka akan terus tumbuh dan berkembang secara teratur, jadi peran orang tua tetaplah nomor satu dalam memperhatikannya.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading