Sukses

Parenting

Perhatian pada Perkembangan Balita sejak Dini

Jika Anda sejak awal sudah sangat rajin dan perhatian mengontrol serta memonitori perkembangan balita Anda, pertahankan ya Moms. Itu merupakan kebiasaan baik yang patut diberi tepuk tangan meriah.

Mengapa demikian? Sebab Moms, perkembangan balita itu tidak bisa diduga. Sekalipun kata dokter dia akan bisa melakukan hal ini dan itu, ternyata tidak semuanya demikian.

Namun, menyadari bahwa tidak semua orang tua memiliki panduan yang cukup untuk memonitor perkembangan balitanya, khususnya yang sudah berusia 2 bulan, berikut dihadirkan untuk Anda panduannya yang dilansir oleh nlm.nih.gov.

Dari sekian banyak jenis perkembangan pada balita, berikut beberapa hal yang umum muncul pada balita usia 2 bulan. Ayo segera dicatat, Moms.

Pada usia ini, balita sudah mulai merespon pada beberapa hal secara reflek. Mulai dari menghentak-hentak kaki ketika dituntun untuk berdiri. Atau reflek menggenggam jari yang disodorkan padanya.

Perkembangan tersebut sudah sangat umum terjadi pada usia 2 bulan, sehingga jarang yang menyadari bahwa hal tersebut adalah bagian dari perkembangan balita tersebut.

Selain itu, coba Anda perhatikan ketika Anda meletakkan balita Anda di atas perut Anda. Adakah ia mampu mengangkat kepalanya? Setidaknya 45 derajat?

Pada segi bahasanya, ia masih belum mampu berbicara, namun Anda perlu mengidentifikasi jenis tangisannya, Moms. Menurut laman yang sama, tangisan balita akan berbeda sesuai dengan jenis kebutuhan tangisannya.

Misalnya saja, ketika balita Anda butuh minum, dia ngompol dan butuh ganti, atau dia ingin meminta perlindungan dari orang lain yang belum dikenalinya.

Nah Moms, ternyata memang dibutuhkan waktu khusus ya. Selamat menggunakan panduannya.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading