Sukses

Parenting

Mengenal Tingkah Laku Ekstrim dalam Perkembangan Balita

Apakah Anda memiliki balita yang pernah bertingkah di luar kewajaran? Termasuk pada perkembangan balita yang normalkah atau termasuk sesuatu yang patut diwaspadai? Anda perlu mencari tahu di sini.

Banyak orang tua di luar sana yang kebingungan dengan menentukan mana yang termasuk normal untuk perkembangan balita dalam skala medis dan mana yang tidak. Apalagi untuk tingkah laku yang perkembangannya tidak diketahui prosesnya.

Ternyata, ada beberapa tingkah laku ekstrim yang berhasil dirangkum di sini dari laman discipline.about.com. Sebaiknya Anda juga mencatat, ya.

- Memukuli diri sendiri atau menyiksa tubuhnya sendiri termasuk pada tingkah laku ekstrim. Hal ini tidak selalu ditunjukkan oleh balita yang memiliki masalah pada mentalnya, apalagi ketika ia bersama orang lain.

Anda pun disarankan selalu bersama balita Anda atau jika hal itu tidak mungkin, Anda bisa meminta tolong pada orang lain untuk mengawasinya dan melaporkannya pada Anda.

- Bermain pisau dan korek api dengan tujuan membakar atau melukai dirinya sendiri pun termasuk sangat ekstrim. Hal ini terjadi ketika balita sudah tahu cara menggunakan kedua hal tersebut dan akibatnya.

Untuk itu, sebaiknya Anda tidak mengenalkan benda berbahaya pada balita Anda. Kalaupun ia terlanjur tahu, jelaskan padanya akibat dari menggunakan benda tersebut.

- Berbicara tentang bunuh diri atau kematian adalah yang paling ekstrim. Entah darimana mereka mendapatkan kata tentang bunuh diri, yang terpenting Anda tidak menganggapnya sepele.

Jika ada dari contoh tingkah laku di atas yang dialami oleh balita Anda, sebaiknya Anda tidak mengganggap enteng. Segera konsultasikan pada ahli penyakit atau kelainan mental untuk mendapatkan penjelasan dan perawatan lanjutan.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading