Sukses

Parenting

Konsultasikan Hal Berikut untuk Perkembangan Balita Anda

Bagi orang tua yang gemar mengukur tinggi badan dan menimbang berat badan balitanya pasti akan khawatir mengetahui tinggi dan beratnya tidak seperti balita lain. Perkembangan balita memang bukan sesuatu yang memiliki rumus.

Maksudnya nih, Moms, Anda dan dokter sekalipun tidak bisa memastikan bahwa pada usia sekarang ia sudah harus mencapai sekian sentimeter. Yang bisa dipastikan adalah balita yang normal akan tetap tumbuh dan berkembang secara teratur.

Untuk itu, ada hal-hal yang terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan balita Anda yang perlu dibahas bersama dengan dokter anak.

Seperti yang dilansir oleh laman kidshealth.org, berikut ada beberapa pertanyaan yang bisa mengawali diskusi yang pas dengan dokter.

- Apakah balita saya tumbuh dan berkembang secara normal, dok?
Nah, dengan pertanyaan demikian, dokter akan menganalisis dan membandingkan tinggi badan serta berat badan balita Anda pada sebelumnya dengan saat ini. Barulah sang dokter bisa tahu. Jika ada masalah, dokter pun bisa memberikan saran dan rekomendasi untuk Anda.

- Menu apa yang kaya nutrisi biasanya disukai balita?
Membahas menu adalah hal yang tidak kalah pentingnya. Dokter akan memberikan jenis makanan apa saja yang baik untuk balita dan tidak. Selanjutnya, terserah dan tergantung kreativitas Anda.

- Kegiatan apa yang disarankan untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangannya?
Biasanya, pada pertanyaan ini dokter akan mengutamakan kegiatan yang banyak membutuhkan fisik balita. Oleh karena itu, sebaiknya Anda jauhkan dulu game-game dari smartphone atau game digital lain agar balita Anda tidak duduk terus.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading