Sukses

Parenting

Kunjungan Dokter Saat Kehamilan Trimester Pertama

Kehamilan dan dokter merupakan dua kata yang tidak dapat dipisahkan. Saat hamil, pasti Ladies akan sering sekali mengunjungi dokter kandungan Ladies, terutama saat kehamilan trimester pertama.

Apa aja ya yang akan dokter lakukan pada Ladies ketika kunjungan dokter itu? Keterlibatan pasangan Ladies akan sangat membantu juga lho, jadi lebih baik mengajak pasangan saat Ladies pergi ke dokter.

Pertama, dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan kepada Ladies, seperti yang dilansir dari laman mayoclinic.com, dokter akan menanyakan tentang siklus menstruasi Ladies, jenis penyakit yang pernah Ladies derita, dan alat KB yang Ladies pakai.

Hal ini dilakukan dokter Ladies untuk mengetahui keadaan Ladies, sehingga dokter bisa memberi perawatan yang maksimal kepada Ladies, khususnya untuk perkembangan buah hati Ladies.

Selain itu, dokter Ladies akan melakukan pengecekkan pada Ladies, seperti mengecek berat badan, tekanan darah, dan Miss V Ladies untuk mengetahui jika ada hal yang tidak normal pada kehamilan Ladies.

Lantas apa fungsi dari pengecekkan darah ini? Pengecekkan tekanan darah dilakukan untuk beberapa alasan, yaitu:

Pengecekkan golongan darah yang Ladies miliki. Hal ini untuk mengantisipasi jika Ladies dan bayi memiliki resus yang berbeda.

Yang kedua adalah untuk mengukur kadar hemoglobin pada darah. Ladies, seperti yang kita tahu bahwa hemoglobin adalah protein yang kaya akan zat besi. Protein ini berfungsi untuk mengangkut oksigen dari paru-paru menuju seluruh bagian tubuh yang lain.

Jika kadar hemoglobin darah Ladies rendah, ini berarti Ladies mengalami anemia dan ini sangat berpengaruh pada perkembangan bayi yang ada rahim Ladies.

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading