Sukses

Parenting

Mendidik Anak agar Belajar Disiplin Menggosok Gigi

Menggosok gigi berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dari plak. Kebiasaan menggosok gigi perlu dilakukan semenjak anak Bunda masih kecil. Nah, untuk membiasakan si kecil menggosok gigi sendiri, coba ikuti langkah-langkah mendidik anak agar belajar disiplin menggosok gigi berikut:

- Pastikan si kecil dapat menjangkau wastafel
Seperti dilansir dari laman wikihow.com, siapkan kursi atau pijakan khusus untuk si kecil di dekat wastafel. Pilihlah kursi atau pijakan yang kuat dan tidak mudah tergelincir ya Bun, karena lantai di dekat wastafel biasanya licin.

Gunanya menggunakan pijakan ini agar si kecil dapat meraih air dengan mudah. Selain itu juga membantu si kecil melihat bayangannya sendiri di kaca wastafel.

- Berikan sikat gigi khusus untuk anak-anak
Sikat gigi khusus untuk anak-anak memiliki bentuk yang unik dan lucu. Berikan dia sikat gigi ini agar dia lebih semangat menggosok giginya.

- Berikan dia pasta gigi khusus untuk anak-anak
Pasta gigi khusus untuk anak-anak biasanya memiliki rasa-rasa tertentu Bunda, dan aman bila tertelan. Pasta gigi seperti ini baik untuk anak Bunda yang belum bisa berkumur dengan baik dan meludahkannya.

- Berikan dia hadiah apabila dia rutin menggosok giginya
Hadiah yang sederhana saja Bunda, misalnya memberi izin untuk memainkan game favoritnya 1 kali sebelum tidur, atau membacakannya buku cerita tambahan sebelum tidur. Tapi jangan berlebihan ya Bunda, nanti takutnya dia malah menjadi anak yang terlalu manja.

- Pastikan dia menggosok gigi dengan bersih
Setelah menggosok gigi, lihat mulutnya apakah ada makanan yang tersisa atau tidak. Kalau masih ada, suruh dia menggosok gigi lagi.

Itulah Bunda langkah-langkahnya, segera terapkan pada si kecil ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading