Sukses

Parenting

Cara Mendidik Anak agar Belajar Disiplin Merapikan Kamar Sendiri

Kamar anak adalah tempat mainan-mainan berserakan, kasur dan selimut tertata secara tidak beraturan, dan buku-buku bertumpukan di meja belajarnya. Kalau kondisi seperti ini dibiarkan terus, si kecil akan tumbuh menjadi anak yang malas untuk merapikan kamarnya sendiri. Oleh sebab itu, coba ikuti cara mendidik anak agar belajar disiplin merapikan kamar berikut.

Seperti dilansir dari wikihow.com, cara yang jitu agar si kecil mau untuk membersihkan kamarnya adalah dengan membuat permainan “bersih-bersih kamar”. Bagaimana cara melakukan permainan ini?

Caranya mudah sekali Bunda, Bunda hanya perlu menyiapkan beberapa kotak kardus atau wadah lain untuk menyimpan mainan-mainannya. Kemudian, Bunda memerintahkan kepada si kecil, “1,2,3, masukkan mainan berwarna merah di kotak pertama.” Setelah selesai, perintahkan, “1,2,3, masukkan mainan berwarna biru di kotak kedua.”

Lakukan hal ini berkali-kali sampai semua mainannya tersortir berdasarkan warna. Apabila ada mainan yang berwarna-warni, Bunda bisa memberitahunya untuk meletakkan mainan tersebut di kotak mana saja.

Bunda juga bisa melakukan hal ini untuk buku-buku yang ada di kamarnya, misalnya memasukkan buku tulis di rak bagian atas, kemudian memasukkan komik di rak bagian tengah, dan seterusnya.

Kalau merapikan kasur ini sedikit sulit Bunda, karena cara di atas hanya bisa dilakukan untuk merapikan bantal dan gulingnya, tapi tidak selimutnya. Untuk merapikan selimut tanpa melipatnya, Bunda bisa mengajarkannya untuk membeberkan selimut di atas kasur.

Apabila sudah selesai, jangan lupa memberikannya pujian agar dia semangat melakukannya lagi. Selamat mencoba Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading