Sukses

Parenting

Jangan Terjebak Dengan Tanda Awal Kehamilan Ini

Banyak dari kita yang terkecoh dengan tanda awal kehamilan yang sebenarnya hanyalah gejala biasa yang terjadi sebelum masa menstruasi. Akan tetapi, banyak juga yang merasa bahwa gejala-gejala yang dialaminya adalah gejala sebelum menstruasi namun ternyata gejala tersebut merupakan tanda kehamilan. Nah, bingung kan Ladies, bagaimana membedakannya?

Tanda-tanda kehamilan yang juga menyerupai tanda datangnya menstruasi yaitu nyeri pada payudara dan keputihan. Biasanya, wanita akan merasakan nyeri atau sakit pada payudaranya dan juga mengalami keputihan setelah berovulasi atau mengalami pembuahan dan mengira bahwa dia telah hamil.

Menurut laman babymed.com, nyeri pada payudara setelah berovulasi biasanya dikarenakan peningkatan hormon progesteron yang diproduksi di area indung telur dimana telur dihasilkan. Tidak semua wanita yang berovulasi mengalami gejala nyeri dan keputihan, bahkan, wanita yang tidak berovulasipun dapat terserang nyeri pada bagian payudara.

Kehamilan memang dapat menyebabkan nyeri pada payudara, namun, hal ini bukanlah tanda yang paling awal yang menandakan kehamilan. Biasanya, tanda ini terjadi setelah Anda terlambat datang bulan dan ketika dinyatakan positif oleh tes kehamilan.

Di bawah ini adalah hal-hal yang menyebabkan nyeri pada payudara dan keputihan

• Peningkatan progesteron setelah ovulasi

• Menstruasi

• Kehamilan

• Menyusui

• Mendekati masa menopause

Nah, ternyata banyak sekali hal-hal yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada payudara dan juga keputihan, lho Ladies. Oleh karena itu, jika Ladies ingin mengetahui lebih jelas apa penyebab nyeri yang dirasakan, lebih baik konsultasikan ke dokter segera.

Oleh: Raisa Fadilla

 

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading