Sukses

Parenting

Tanda Awal Kehamilan yang Mengganggu?

Selain “chloasma” atau kulit yang berubah menjadi kecoklatan, banyak efek lain dari tanda awal kehamilan. Salah satu dari efek kehamilan adalah sembelit. Sekali lagi, progesteron yang dapat disalahkan. Hormon inilah yang mengakibatkan banyaknya perubahan di tubuh Anda bagi yang sedang menjalani awal kehamilan.

Menurut buzzle.com, hormon progesteron adalah hormon yang berfungsi untuk mengendurkan otot-otot, dan memperlambat perjalanan makanan yang telah dicerna ke dalam perut.

Sedangkan, bagian rahim memberikan banyak tekanan pada dubur dan organ pencernaan lainnya dikarenakan sistem pencernaan yang tidak dapat berfungsi dengan optimal. Terlebih lagi, sembelit yang sudah sangat parah dapat menyebabkan wasir yang akan lebih menyakitkan.

Jika Anda sekarang sering terkena sembelit di masa kehamilan Anda, ada solusi yang tepat untuk menyembuhkannya. Makanan yang kaya akan serat adalah obat terbaik bagi penderita sembelit, ditambah lagi dengan mengonsumsi banyak cairan dan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga dapat membantu usus Anda untuk mencerna dengan baik, dan mencegah terjadinya sembelit.

Jangan lupa untuk mengontrol makanan yang Anda makan agar Anda cepat sembuh dari penyakit sembelit. Jika Anda sudah terserang wasir, gunakan es untuk mengurangi rasa sakit. Hindari duduk terlalu lama jika Anda tidak ingin wasir semakin bertambah parah. Jika semua cara sudah dilakukan dan sakit tetap berlanjut, sudah seharusnya Anda menghubungi dokter.

Oleh: Raisa Fadilla

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading