Sukses

Parenting

Berbagai Fakta dan Mitos Tentang Pil KB Sebagai Kontrasepsi Alat KB

Pil KB mengatur kehamilan dengan cara menambah jumlah hormon yang ada pada tubuh agar tetap seimbang, sehingga tidak menyebabkan ovulasi pada Ladies. Tapi apakah Ladies tahu tentang beberapa dan mitos dengan alat KB yang satu ini?

Ternyata, ada beberapa fakta dan mitos pada pil KB lho Ladies, hal ini sama seperti yang di lansir dari laman mayoclinic.com.

Apakah pil KB dapat menyebabkan kegemukan? Fakta atau mitos? Banyak dari Ladies menyalahkan pil KB saat mereka mengalami kegemukan. Penelitian menunjukkan bahwa pil KB tidak memberi efek yang signifikan terhadap kegemukan.

Pil KB dapat meningkatkan resiko kanker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pil KB dapat meningkatkan resiko kanker jika penggunaannya dalam waktu yang lama. Kanker yang bisa disebakan oleh pil KB adalah kanker leher rahim dan kanker hati.

Sebuah penelitian juga menunjukkan adanya hubungan antara pil KB dengan penyakit koleserol. Kandungan hormon esterogen dan progesterone inilah yang menyebabkan kolesterol. Namun, jika kadar hormon ini tidak terlalu tinggi, maka juga tidak tidak akan terlalu berdampak pada kolesterol Ladies.

Apakah pil KB dapat berinteraksi dengan obat antibiotik? Jawabnya adalah tidak, faktanya kandungan yang ada pada obat antibiotik dapat menghilangkan manfaat dari pil KB itu sendiri yaitu untuk menghambat ovulasi.

So Ladies, itulah beberapa fakta dan mitos tentang alat kontrasepsi ini. Semoga menambah wawasan Ladies ya.

Oleh: Susvia Cahyaning

 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading