Sukses

Parenting

Kapan Waktu Yang Tepat Menggunakan Alat KB Pasca Melahirkan?

Ladies, bisa saja Ladies hamil lagi setelah melahirkan. Kebanyakan hal ini dikarenakan faktor kurangnya informasi yang dimiliki. So, buat Ladies yang belum pengen nambah momongan lagi, cari tahu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan alat KB pasca melahirkan.

Masa subur terjadi dua minggu sebelum Ladies menstruasi, nah tanpa disadari Ladies udah menjalani masa subur kembali. Disaat seperti ini, jika Ladies berhubungan dengan suami tanpa menggunakan pengaman, bukan tidak mungkin Ladies akan memiliki momongan lagi. Belum siap kan Ladies?

Seperti yang dilansir dari laman nhs.uk, Ladies bisa menggunakan alat kontrasepsi KB secepatnya saat Ladies sudah siap. Misalnya menggunakan kondom, selain alat kontrasepsi ini mudah ditemukan dan tidak ribet dalam penggunaanya, pastinya alat KB ini juga efektif mencegah kehamilan.

Tiga minggu setelah kehamilan, Ladies juga bisa sudah bisa menggunakan jenis alat KB yang lain selain kondom, yaitu koyo KB atau KB tempel.

Namun saat Ladies menyusui, hormon yang terkandung dalam alat kontrasepsi ini bisa mempengaruhi produksi air susu, sehingga Ladies akan mengalami masalah dengan sistem laktasi. Biasanya, dokter atau bidan Ladies menyarankan Ladies untuk menunggu selama enam bulan setelah kelahiran untuk menggunakan alat KB kembali.

Gimana Ladies? Suami dan anak merupakan kewajiban Ladies untuk merawat dan melayaninya. So, biar tetep aman, menggunakan kondom yang tidak akan mempengaruhi sistem laktasi Ladies tidak ada salahnya kan?

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading