Sukses

Parenting

Apa Yang Harus Bunda Lakukan Saat Air Ketuban Sedikit?

Seiring bertambahnya usia kehamilan, perut Ladies juga pasti akan bertambah besar. Ini terjadi karena, janin yang terus berkembang disertai dengan bertambahnya cairan yang ada melindunginya, seperti air ketuban. Namun bagaimana jika air ketuban sedikit dan tidak bertambah sesuai usia kehamilan?

Jangan panik Ladies, ini merupakan kasus yang mungkin saja terjadi saat kehamilan. Yang Ladies rasakan saat ini adalah dehidrasi tinggi, dan efeknya, Ladies akan cepat merasa haus.

Yang harus Ladies lakukan adalah konsumsi air minum sesuai kondisi tubuh. Selain itu kunjungi dokter Ladies agar mendapat penanganan medis dengan segera.

Seperti yang dilansir dari laman americanpregnancy.org, penanganan untuk air ketuban sedikit ini adalah tergantung dari berapa lama usia kehamilan Ladies.

Penanganan saat usia hamil muda, dokter akan terus memantau keadaan Ladies dan kadar air ketuban Ladies. Selain itu tes kontraksi mungkin juga akan dilakukan oleh dokter Ladies guna memantau aktivitas si buah hati.

Bagaimana jika usia kehamilan mendekati tanggal kelahiran?

Jika Ladies mengalaminya saat mendekati proses persalinan, dokter akan memberikan penanganan seperti, memberikan tambahan amnio atau cairan yang memiliki kandungan sama seperti air ketuban memalui infuse.

Selain itu, Ladies bisa juga mendapatkan suntikan yang digunakan untuk mengambil air ketuban di rahim Ladies, guna mengetahui keadaan si bayi.

Mengingat resiko dari sedikitnya air ketuban saat proses kehamilan sangat tinggi, biasanya jika memang tidak dapat melakukan proses kelahiran secara normal, pilihan terakhir adalah dengan operasi sesar.

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading