Sukses

Parenting

Yuk Kenali Tanda-tanda Dan Cara Menangani Emboli Ketuban

Ladies, apakah Anda sudah mengetahui dengan baik apa itu emboli ketuban? Ya, emboli ketuban ini adalah salah satu hal yang paling dikhawatirkan terjadi ketika proses persalinan. Lalu apa saja sih tanda-tanda dari emboli ketuban ini?

Seperti yang diberitakan oleh intensivecare.hsnet.nsw.gov.au akhir-akhir ini, ada beberapa tanda yang ditunjukkan oleh ibu hamil yang mengalami emboli ketuban. Yang pertama yaitu nafas ibu akan lebih pendek.

Ternyata, selain bisa diamati melalui nafas, ibu yang mengalami emboli ketuban ini juga bisa diamati melalui tekanan darahnya. Tekanan darah akan menjadi semakin rendah, yang secara otomatis diikuti oleh adanya penyumbatan pada bagian jantung.

Wah, Ladies, bisa sangat fatal ya akibatnya. Untuk itu, kita sebaiknya lebih berkonsultasi lebih sering dengan dokter selama menjelang kehamilan. Konsultasikan apa saja yang berhubungan dengan proses melahirkan ini. Pastikan dokter yang menangani Ladies akan melakukan tindakan dengan cekatan seandainya hal ini terjadi.

Lebih-lebih, dijelaskan bahwa 50% pasien meninggal dunia kurang lebih 1 jam setelah menunjukkan beberapa gejala di atas. Dan, yang lebih mengkhawatirkan, angka kematian karena emboli ketuban ini mencapai 85%.

Angka yang tentunya tidak rendah ya, Ladies. Nah, pertanyaan selanjutnya, treatment apakah yang akan diberikan untuk ibu yang mengalami emboli ketuban ini?

Jika ibu menderita penyumbatan pada jantung, maka akan dilakukan cardiopulmonary resuscitation (CPR). Jika masih belum ada respon juga, maka akan dilakukan operasi caesar. Selama dilakukan operasi caesar ini, kondisi bayi akan selalu dimonitor, apakah tetap dalam kondisi yang baik-baik saja atau tidak.

Nah, inilah sedikit ulasan mengenai emboli ketuban, Ladies. Semoga bermanfaat ya.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading