Sukses

Parenting

Ternyata Menyusui Bisa Jadi Alat KB Efektif Lho

Pasca melahirkan, pasti PR tersendiri buat Ladies untuk memilih alat KB yang sesuai. Karena seperti yang kita tahu, jika Ladies memilih alat KB hormonal, ini akan mengganggu sistem laktasi pada diri Ladies. Tentunya, ini akan menjadi sebuah kerugian untuk si buah hati bukan?

Nah, tak usah pusing-pusing Ladies untuk memilih kontrasepsi yang cocok dan tak merugikan untuk siapapun. Ternyata, menyusui dapat menjadi alat kontrasepsi yang efektif lho.

Seperti yang dilansir dari laman babycentre.co.uk, menyusui secara teratur dapat menunda masa menstruasi, ini disebut sebagai metode amenorea laktasi.

Metode ini bisa maksimal jika Ladies tetap menyusui selama enam bulan penuh dan ini dilakukan secara teratur. Teratur dalam arti, Ladies menyusui bayi siang dan malam. Dan tentunya tidak ada makanan pendamping asi.

Yang kedua adalah Ladies menyusui anak Ladies yang berusia kurang dari enam bulan. Karena jika sudah lebih enam bulan, bayi Ladies sudah mendapat makanan pendamping asi, dan ini akan mengurangi keefektifan dari metode ini sendiri.

Yang terakhir, jika siklus menstruasi Ladies tidak berjalan saat menyusui, ini berarti metode ini berhasil. Namun jika siklus menstruasi Ladies kembali, itu artinya sebaiknya Ladies menggunakan metode kontrasepsi yang lain.

Selain itu pastikan tidak menggunakan pemompa ASI ya Ladies, karena ini bisa menjadi faktor tidak efektifnya metode amenorea ini.

Nah Ladies, udah tahu kan metode alami yang bisa dilakukan sebagai alat kontrasepsi alami. Jika Ladies masih bingung, lakukan konsultasi pada dokter atau bidan Ladies sebelum melangkah.

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading