Sukses

Parenting

Tips Agar Puting Tidak Lecet Saat Menyusui (3)

Selanjutnya, pembahasan berikut akan memaparkan tips agar puting tidak lecet saat menyusui seperti yang telah dibahas sebelumnya. Tentu saja, tips berikut memiliki kandungan isi yang berbeda dari sebelumnya dan dapat Bunda terapkan.

Ayahbunda.co.id mengatakan bahwasanya puting lecet juga dapat disebabkan dari sang bayi itu sendiri. Bunda pasti pernah mengalami kejadian sang buah hati dengan tiba-tiba menggigit putting dengan kerasnya bukan? Meskipun pada saat tersebut gigi sang buah hati masih belum tumbuh sempurna, namun cukup untuk membuat Bunda merasa kesakitan.

Hal ini tidak dapat dihindari dan normal terjadi bahwasanya terkadang sang buah hati kita bersifat “nakal”. Kata nakal dalam hal ini bukan berarti seperti apa yang dilakukan oleh orang remaja atau orang dewasa ya Bunda, tapi lebih ke aksi menggigit puting sang Bunda.

Hal ini terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah bayi marah. Ya, bayi juga bisa marah loh Bunda, karena meskipun mereka masih belia, namun mereka sudah memiliki emosi dasar manusia yaitu, marah, sedih, senang atau bahagia.

Di sisi lain, bayi marah juga bisa karena ulah Bunda sendiri loh. Menurut laman susuibu.my, Bunda melakukan oversupply atau memberikan ASI yang berlebihan kepada bayi sehingga emosi mereka terpancing.

Oleh karena itu, bidanku.com menyarankan kepada para Bunda semua untuk segera melepaskan atau menghentikan poses menyusui pada saat bayi mulai marah. Hal ini juga bisa dilakukan dengan menekan dagu sang bayi kebawah agar gigitannya lepas dan bayi berhenti melukai puting Bunda.

Tapi ingat, proses ini harus dilakukan secara perlahan dan penuh kasih sayang agar bayi tetap merasa nyaman dan menganggap bahwa Bunda adalah Ibu terbaik yang bisa menjaga mereka.

Oleh : Dwi Yonas Putranto

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading