Sukses

Parenting

Nipple Shield: Solusi Agar Puting Tidak Lecet

Pernahkah Bunda Mendengar tentang istilah Nipple Shield? Nipple shield adalah suatu alat yang dapat membantu Bunda menyusui secara aman dan berfungsi agar puting tidak lecet.

Nipple shield pada umumnya dianggap sebagai solusi sementara atau pencegahan dini guna melindungi puting Bunda. Penggunaannya pun harus dibawah pengawasan lactation consultant atau konsultan menyusui.

Para konsultan menyusui biasanya menganjurkan para Bunda memakai nipple shield pada masa awal menysusui, mungkin bisa 5 hari setelah sang bayi dilahirkan.

Karena nipple shield terbuat dari bahan silikon yang fleksibel, maka cara penggunannya pun cukup sederhanan loh Bunda. Cukup diletakkan pada puting dan alat ini otomatis akan mengikuti bentuk dari puting Bunda sendiri. Cukup mudah kan?

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan, apakah ada dampak negatif yang disebabkan oleh nipple shield? Menurut laman kellymom.com, ada beberapa dampat negatif yang ditimbulkan dari penggunaan nipple shield, yaitu sang bayi kecil mungkin tidak dapat asupan ASI yang cukup karena penggunaannya yang salah.

Karena tidak mungkin kita mengajari bayi yang baru lahir secara langsung. Dalam kasus ini, Bunda harus selalu memperhatikan apakah letak nipple shield sudah tepat apa tidak dan menumbuhkan kebiasaan yang baik pada sang bayi.

Sekarang Bunda sudah mengetahui apa itu nipple shield dan fungsinya. Tunggu artikel-artikel berikutnya terkait dengan alat menyusui yang bermanfaat bagi Bunda ya.

Oleh : Dwi Yonas P.

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading