Sukses

Parenting

Tips Hamil Menyusui Agar Tetap Sehat dan Bugar (4)

Hamil menyusui membutuhkan keseriusan dan perhatian Anda, Bunda. Telah disampaikan untuk Anda beberapa tips demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Untuk lebih lengkapnya, baca artikel 1, 2, dan 3 ya.

Nah, sebelum Anda mengetahui tips-tips lainnya dari wikihow.com, yakinkan dahulu bahwa Anda telah mengambil keputusan tepat nan mulia ini dengan sepenuh hati, ya Bunda. Tips-tips ini akan percuma loh jika Anda tidak bersungguh-sungguh.

Oke, kini Anda siap. Persiapkan perlengkapan mencatatnya, ya.

Tips kesembilan. Persiapkan dengan matang makanan-makanan yang benar-benar kaya nutrisi. Anda membutuhkan banyak kalori untuk dapat meningkatkan kualitas ASI sekaligus kesehatan janin Anda. Jika perlu Bunda, buatlah daftar makanan-makanan yang mengandung nutrisi tinggi.

Untuk mempermudah pembuatan daftar makanannya, perhatikan tips tambahan berikut.

- konsumsilah makanan yang kaya serat dan protein. Makanan berserat tinggi bisa didapat dari sayur mayur dan buah-buahan, sedangkan protein bisa diperoleh dari daging, susu dan telur. Jika Anda ingin mengonsumsi ikan atau seafood, perhatikan kandungan merkurinya, ya (baca artikel 3).

- makanan yang mengandung kalori tidak sehat seperti makanan cepat saji sebaiknya dihindari dahulu, sebab akan menjadi penyebab ketidakbugaran Anda loh.

- makanan-makanan yang bisa menyebabkan masalah pencernaan sebisa mungkin dihapuskan dari daftar, seperti makanan pedas.

Tips kesepuluh, hindari merokok. Selain buruk untuk kesehatan Anda sendiri, bayi yang sedang Anda susui dan janin dalam rahim Anda pun akan terganggu kesehatannya karena racun pada rokok.

Yang terakhir, berhati-hatilah pada polusi yang mengandung pestisida yang mudah diserap oleh tubuh sehingga berbahaya untuk kesemuanya; tubuh Anda, bayi yang disusui, dan janin yang dikandung.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading