Sukses

Parenting

Tips Hamil Menyusui Agar Tetap Sehat dan Bugar (2)

Banyak hal yang bisa Anda lakukan saat hamil menyusui agar tetap sehat dan bugar. Namun, yang paling mudah adalah mempraktikkan beberapa tips di sini. Tidak percaya? Mari buktikan.

Seperti yang sudah dibahas pada artikel 1, ibu yang hamil sambil menyusui sebaiknya menambah waktu istirahat yang teratur dan mengonsumsi makanan yang pas dengan kebutuhan nutrisinya.

Selain dua hal tersebut, masih banyak loh, Bunda. Siap-siap mencatat beberapa informasi dari laman wikihow.com ya.
Ketiga, biasanya saat menyusui dalam keadaan hamil, puting payudara ibu akan sering perih. Nah, jika hal ini terjadi pada Anda, lakukan beberapa hal berikut, ya.

- Hindari penggunaan sabun, lotion, atau krim pada puting Anda sebab bisa menyebabkan iritasi dan perih yang semakin menjadi.

- Jangan mengeringkan puting dengan handuk (apalagi yang kasar). Cukup dengan diangin-anginkan atau dikeringkan perlahan dengan handuk yang permukaannya lembut.

Selanjutnya, mengonsumsi vitamin-vitamin untuk mengoptimalkan Anda penting, Bunda. Untuk memilih vitamin yang terbaik dan cocok untuk Anda, konsultasikan dengan dokter ya, Bunda.

Kelima, tingkatkan kalsium untuk tubuh Anda. Ingat, Bunda, bukan untuk balita Anda sebab nutrisi untuknya akan didapatkan secara cukup dan memadai saat ia mendapat ASI, namun belum tentu untuk Anda.

Oleh karena itu, penting untuk selalu mengonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, seperti sayuran mentah, susu rendah lemak, dan kacang almond. Anda pun bisa menambahkan dengan suplemen kalsium untuk mengoptimalkan kinerja kalsium untuk tubuh.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading