Sukses

Parenting

Tantangan-tantangan untuk Bunda dalam Hamil Menyusui (1)

Menyusui ketika Anda hamil lagi adalah sebuah keputusan yang bisa Anda jalani atau tinggalkan; take it or leave it. Hamil menyusui bukan paksaan ya, Bunda, semuanya ada di tangan Anda.

Nah, ketika Anda sudah yakin dan lantang memutuskan, “Saya akan menyusui meski sedang hamil,” berarti Anda sudah siap untuk menghadapi berbagai tantangannya, Bunda. Ingin tahu apa saja? Keep reading, yah.

Laman llli.org melansir beberapa tantangan bagi bunda yang telah memutuskan untuk menyusui yang penting untuk Anda ketahui sebagai tambahan pengetahuan dan bahan untuk antisipasi dini. Disimak ya, Bunda.

Tantangan pertama yang mungkin akan Anda alami adalah merasakan lebih cepat lelah dari biasanya atau disebut juga fatigue. Sebenarnya kondisi tersebut normal untuk ibu yang sedang hamil, namun jika pada saat tersebut Anda pun tengah menyusui akan terasa berat bagi Anda.

Untuk mengatasinya, solusi termudah adalah menyusui sambil rebahan, Bunda. Dengan demikian, Anda bisa menyusui sambil beristirahat.

Selanjutnya, ibu yang hamil biasanya akan merasa mual-mual, terutama ketika perut dalam keadaan kosong. Nah, ketika Anda menyusui, hal tersebut akan terasa lebih menyiksa sebab bisa terjadi ketika ASI dikeluarkan (ketika menyusui). Bisa jadi Anda akan memikirkan ulang untuk melanjutkannya atau tidak.

Dan yang paling umum terjadi ketika Anda hamil sambil menyusui adalah puting yang terasa perih. Kebanyakan ibu yang mengalami hal tersebut mencoba mengalihkan fokus pada rasa sakit dengan menonton TV, mendengarkan radio, atau membaca buku. Beberapa juga menggunakan penghilang rasa sakit jika mulai tidak tahan.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading