Sukses

Parenting

Perhatikan Pola Makan Ketika Hamil Menyusui

Jika Anda sedang hamil untuk pertama kalinya, Anda mungkin merasakan banyak perubahan pada diri Anda. Kebanyakan perubahan tersebut akan terasa sangat berat bagi sebagian ibu. Lalu, pernahkah Anda membayangkan hamil menyusui dalam waktu yang sama?

Kenyataannya Bunda, ketika seorang ibu yang masih dalam masa menyusui balitanya mendapati dirinya hamil lagi, ia akan merasa tidak mungkin untuk melanjutkan untuk menyusui balitanya. Dampak buruk bagi kesehatan bayi yang dikandung, balita yang disusui, serta kesehatannya sendiri menjadi momok tersendiri bagi ibu tersebut.

Namun, Anda harus tahu Bunda bahwa menurut llli.org, secara medis Anda sama sekali tidak dilarang untuk menyusui balita Anda meskipun masih dalam keadaan hamil. Secara garis besar kondisinya akan aman bagi kesehatan Anda, balita yang disusui dan bayi yang dikandung.

Meskipun demikian, Anda juga sangat perlu memperhatikan dan menjaga pola makan yang baik dan sehat ya, Bunda. Meskipun tubuh Anda membutuhkan asupan kalori lebih besar daripada hanya menyusui atau mengandung, bukan berarti porsinya harus selalu banyak, Bunda.

Wikihow.com menyarankan ibu yang sedang hamil sambil menyusui untuk merencanakan makanan yang sesuai dengan kebutuhan. Makanan yang dipilih haruslah kaya nutrisi meski dalam porsi yang tidak terlalu besar.

Untuk mengetahui kebutuhannya, Anda bisa mengonsultasikan dengan dokter atau bidan terlebih dahulu. Terutama nih Bunda, jika balita yang Anda susui masih dalam usia di bawah 6 bulan yang sangat membutuhkan asupan nutrisi untuk perkembangannya, seperti yang dilansir oleh laman llli.org.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading