Sukses

Parenting

Ketuban Sedikit? Apa Sih Penyebabnya?

Ladies, pernahkah menjumpai ibu hamil yang mempunyai masalah dengan jumlah air ketubannya? Ya, beberapa memang memiliki masalah karena ketuban sedikit.

Nah, apa sih sebenarnya yang menyebabkan air ketuban tersedia dalam jumlah yang sedikit?

Seperti yang dilansir oleh babycentre.co.uk akhir-akhir ini, ada beberapa penyebab yang menjadikan air ketuban ini jumlahnya sedikit. Salah satu penyebab yang paling umum dari jumlah air ketuban sedikit ini adalah adanya celah di kantong pembungkus ketuban.

Nah, air ketuban yang keluar ini bisa dalam jumlah yang banyak sekaligus, atau sedikit demi sedikit. Kalau Ladies ragu-ragu dengan kondisi kantong pembungkus ketuban ini, langsung saja konsultasikan dengan dokter atau bidan Anda ya, Ladies.

Jika memang ketuban ini sudah pecah sebelum Ladies mulai berkontraksi, maka Ladies akan beresiko untuk mengalami infeksi jika tidak segera menjalani proses persalinan.

Dokter akan menawari antibiotik jika Ladies menunjukkan tanda-tanda menderita infeksi. Nah, kalau memang usia kehamilan Ladies belum mencapai 37 minggu, antibiotik akan segera diberikan untuk membantu memperpanjang usia kehamilan dan juga untuk mencegah terjadinya infeksi.

Namun Ladies gak perlu khawatir ya dengan penggunaan antibiotik ini. Antibiotik aman untuk Ladies dan juga si buah hati di dalam kandungan.

Nah, kalau memang usia kehamilan Ladies sudah memungkinkan untuk proses persalinan, maka dokter akan menyarankan Ladies untuk menyegerakan proses persalinan ini. Namun, kalau tidak memungkinkan, maka dokter akan tetap memantau kondisi Ladies sampai saatnya tiba.

Semoga menambah pengetahuan kita ya, Ladies.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading