Sukses

Parenting

Bagaimana Mengatasi Ketuban Sedikit?

Jika dokter sudah menyatakan bahwa Anda sudah didiagnosa memiliki ketuban yang sedikit, jangan berkecil hati. Anda tidak perlu merasa takut yang berlebihan terhadap permasalahan tersebut. Walaupun air ketuban sedikit, masih banyak cara untuk mengatasinya.

Menurut laman babycenter.com, dokter akan terus mengawasi perkembangan bayi setelah kehamilan Anda menunjukkan jumlah ketuban yang minim. Kehamilan Anda akan selalu dikontrol tergantung berapa lama usia kehamilan, apa yang dilakukan oleh bayi, dan apakah Anda mempunyai permasalahan atau penyakit lain.

Air ketuban yang sedikit akan beresiko pada proses bayi itu sendiri. Pergerakan bayi akan menekan tali pusar jika air ketuban yang ada dalam perut berkurang. Hal ini jika dibiarkan akan mengganggu keselamatan bayi.

Jika kehamilan Anda memasuki usia tua, persalinan akan dipercepat dan dipaksakan. Hal lain lagi, bayi akan selalu dimonitor dengan alat khusus untuk mendeteksi keadaan biologis dan fisik di dalam perut. Anda akan diminta untuk meminum banyak air, dan memberitahu dokter jika Anda merasa bayi mulai kurang aktif bergerak di dalam perut.

Selama proses persalinan normal, dokter atau bidan akan melakukan tindakan khusus agar ketuban sedikit tidak mengganggu proses keluarnya bayi. Namun, jika tindakan tersebut tidak bisa memberikan efek apa-apa, maka biasanya dokter atau bidan akan menyarankan dilakukannya operasi caesar.

Oleh: Raisa Fadilla

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading