Sukses

Parenting

Emboli Ketuban, Kenali Tanda-tandanya

Ladies, sudahkah Anda familiar dengan jenis komplikasi yang satu ini? Ya, emboli ketuban adalah salah satu komplikasi yang paling dikhawatirkan terjadi kepada ibu hamil yang sedang menjalani proses persalinan.

Efeknya, bisa sangat berbahaya lho, Ladies. Jadi, diperlukan penanganan yang baik ketika hal ini terjadi. Nah, kalau kita sudah tahu efeknya sangat berbahaya, lalu apa saja sih tanda-tandanya? Dengan mengetahui tanda-tandanya, maka tindakan penyelamatan pun bisa lebih cepat dilakukan.

Melansir ulang dari pregnancycorner.com, dikatakan kalau sayangnya, tidak ada tanda-tanda khusus yang bisa menunjukkan bahwa ibu hamil sedang mengalami emboli ketuban.

Ini karena gejala-gejala yang ditunjukkan oleh si ibu sama saja dengan gejala yang nampak di beberapa penyakit yang lainnya.

Nah, Ladies, ini artinya, tidak ada tanda-tanda yang spesifik yang bisa menunjukkan kalau ibu hamil sedang mengalami emboli ketuban. Gejalanya datang sangat tiba-tiba dan berprogres sangat cepat. Proses ini diperkirakan akan berlangsung selama 30 menit.

Selama 30 menit ini, yaitu proses dimana cairan ketuban masuk ke dalam aliran darah, ada beberapa tanda yang ditunjukkan oleh si ibu hamil.

Yang pertama, ibu hamil akan merasa panik secara tiba-tiba. Si ibu ini akan menunjukkan body language yang menunjukkan bahwa dia sedang cemas. Selain itu, hal lain yang juga diperkirakan sebagai gejala terjadinya emboli ketuban ini adalah nafas yang semakin pendek, dan dalam frekuensi yang cepat.

Tanda lainnya dapat dilihat melalui tekanan darahnya. Tekanan darah ibu hamil yang mengalami emboli ketuban akan cenderung rendah.

Jadi, itulah beberapa diantara tanda-tandanya. Semoga kita tidak mengalami emboli ketuban ini ya, Ladies.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading