Sukses

Parenting

Yuk Kenali Warna Sebagai Salah Satu Ciri Air Ketuban

Ladies, bagi Anda yang sudah pernah mengalami proses persalinan, tentunya sudah tahu dengan baik ya apa itu cairan ketuban. Ya, keberadaan air ketuban ini sangat penting lho, Ladies. Nah, apa saja sih ciri air ketuban ini? Yuk cari tahu.

Melalui sharecare.com, Deborah Raines, seorang perawat yang mewakili Honor Society of Nursing, menyatakan bahwa air ketuban ini normalnya tidak memiliki warna, atau kekuningan, namun warna kuningnya sangat terang sekali. Ketuban ini tidak berbau, dan berfungsi melindungi baby selama masa kehamilan.

Jadi, Ladies, air ketuban yang normal akan memenuhi kondisi-kondisi ini: warnanya terang atau agak kekuning-kuningan, dan tidak berbau. Bagaimana kalau air ketuban berubah warna atau mengeluarkan bau?

Nah, kalau sudah mengalami perubahan, maka ini adalah tanda kalau kandungan Ladies sedang dalam masalah. Lalu, perubahan warna yang seperti apa sih yang menunjukkan adanya masalah di dalam kandungan kita, Ladies?

Ya, sumber yang sama menyebutkan beberapa diantaranya. Salah satunya, air ketuban ini kemungkinan akan berubah menjadi merah, yang seringkali warna merah ini karena adanya pendarahan pada plasenta. Sedangkan, kalau warnanya kehijauan, bisa saja karena air ketuban mengandung beberapa zat yang berasal dari janin.

Atau, kalau warnanya berubah menjadi kuning, entah itu kuningnya terang atau gelap, diduga janin di dalam kandungan mengalami kelainan dengan darahnya. Sedangkan, kalau warnanya berubah jadi kecoklatan, itu artinya bayi sudah mengeluarkan feses pertamanya di dalam air ketuban.

Nah, Ladies, sudah mengerti kan, sekarang?

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading