Sukses

Parenting

Kenali Ciri Air Ketuban, Terutama Warnanya

Semua Ladies pasti sudah tidak asing lagi dong dengan air ketuban. Ya, ketuban adalah cairan di dalam kandungan yang berfungsi untuk melindungi baby yang sedang mengalami pertumbuhan. Nah, apa saja sih ciri air ketuban ini? Bagaimana warnanya jika dalam kondisi yang normal? Yuk kita cari tahu, Ladies.

Menurut marchofdimes.com, air ketuban yang normal memiliki warna yang terang atau agak sedikit kekuning-kuningan. Nah, bagaimana kalau air ketuban ini tidak menunjukkan warna tersebut? Apakah itu berarti ada masalah dengan kehamilan Ladies?

Nah, tenyata, jika air ketuban ini tidak berwarna terang atau kekuningan, yang biasanya nampak agak sedikit hijau atau kecoklatan, ini berarti si buah hati di dalam kandungan sudah buang air besar untuk pertama kalinya. Yang umumnya, si baby akan mengalami buang air besar untuk pertama kalinya setelah lahir.

Jika baby mengeluarkan meconium sebelum waktu yang seharusnya, maka tentu akan menimbulkan masalah. Ya, meconium ini adalah kotoran atau feses yang dikeluarkan oleh baby selama di dalam rahim.

Tentunya, kondisi ini akan mengakibatkan meconium ini masuk ke dalam paru-paru bayi melalui air ketuban. Nah, inilah yang akan berpotensi menimbulkan masalah pernafasan, yang disebut dengan meconium aspiration syndrome, terutama kalau air ketuban ini sangat kental.

Ladies, dalam beberapa kasus, bayi dengan meconium di dalam cairan ketubannya segera mendapatkan treatment setelah lahir untuk menghindari lebih parahnya gangguan pernafasan yang dialami.

Namun, baby yang ketika lahir nampak sehat-sehat saja, kemungkinan tidak membutuhkan treatment apapun, meskipun air ketubannya mengandung meconium.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Ladies.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading