Sukses

Parenting

Kenali Ciri Air Ketuban, Melalui Perubahan Warnanya

Ladies, perkembangan si buah hati di dalam kandungan tentunya dipengaruhi oleh banyak sekali faktor ya. Nah, salah satunya adalah air ketuban. Ya, air ketuban ini fungsinya sangat vital sekali untuk perkembangan baby di dalam kandungan. Lalu, gimana sih sebenarnya ciri air ketuban ini?

Menurut ncbi.nlm.nih.gov, warna air ketuban ini berubah-ubah selama dalam masa kehamilan. Nah, bagaimanakah perubahannya? Dan membutuhkan berapa lama untuk air ketuban berubah warna?

Ternyata, mulai dari awal kehamilan sampai dengan trimester kedua kehamilan, air ketuban ini akan nampak terang, jernih, dan mungkin agak kekuningan. Namun, kalau sudah di trimester ketiga kehamilan, air ketuban berubah menjadi terang sekali, benar-benar tidak ada warnanya.

Nah, baru lah sekitar kurang lebih mulai minggu ke 33 sampai dengan minggu ke 34, cairan ketuban berubah menjadi agak sedikit keruh. Ladies, perubahan ini tentunya secara perlahan-lahan, dan tidak langsung begitu saja. Barulah sekitar minggu-minggu ke 36 sampai dengan minggu ke 37, perubahan ini terjadi relatif lebih cepat.

Birth.com.au menambahkan, kalau seandainya ada celah di dalam membran, dan Ladies mengetahui adanya perubahan warna dengan air ketuban, seperti misalnya, ketuban berubah menjadi hijau atau coklat, maka sebaiknya Ladies segera memeriksakannya ke dokter ya.

Kalau warna coklat ini tidak terlalu gelap, Ladies boleh sedikit tenang ya. Yang menjadi masalah adalah ketika warnanya sudah sangat gelap.

Segera periksakan ke dokter ya, bisa dengan menunjukkan tissue, pakaian dalam, sanitary pad, atau apapun. Dokter harus mengetahui ini, sebagai pertimbangan untuk memberikan treatment selanjutnya kepada Ladies. Semoga bermanfaat ya.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading