Sukses

Parenting

Plus Minus Tubektomi Sebagai Alat KB Wanita

Ladies, pernah mendengar tentang sterilisasi pada wanita? Itu lho jenis alat KB yang menyumbat atau memotong saluran indung telur, sehingga sel telur tidak dapat masuk ke rahim untuk dibuahi. Sekedar mengingatkan aja kok Ladies, mungkin ini sudah berkali- kali dibahas dibangku sekolah.

Tapi, bagaimana setelah menikah? Apakah Ladies sudah memiliki cukup pengetahuan tentang alat KB? Pada ulasan kali kita akan membahas tentang keuntungan dan kerugian dari penggunaan alat KB untuk wanita yaitu tubektomi.

Kira- kira apa saja ya Ladies keuntungan dan kerugiannya?? Simak ulasan berikut, seperti yang dilansir dari laman nhs.uk.

Manfaat yang pertama, alat KB jenis ini sangat efektif untuk mencegah kehamilan hingga 99%. Setelah Ladies melakukan operasi sterilisasi, Ladies belum dipastikan aman untuk melakukan hubungan. Dokter masih akan merekomendasikan Ladies untuk memakai alat KB jenis lain meski sudah steril.

Setelah tiga bulan pasca sterilisasi, Ladies baru benar- benar dipastikan sudah steril. Ini ditunjukkan dengan sebuah penelitian dari National Institute for Health and Clinical Excellence (NICE) bahwa setelah tiga bulan tuba falopi benar- benar sudah tertutup dan tidak menyalurkan sel telur ke rahim.

Disisi lain, ada beberapa point minus dari penggunaan alat KB ini lho Ladies. Salah satunya adalah alat KB ini adalah jenis yang permanen, sehingga akan cukup sulit untuk mengembalikan seperti semula.

Mengingat kerugiannya, Ladies harus benar- benar berfikir ulang ya jika mau menggunakan metode jenis ini.

Oleh: Susvia Cahyaning

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading