Sukses

Parenting

Cara Menentukan Kesiapan Si Kecil Untuk Pendidikan Luar Sekolah (Bagian 1)

Mungkin Bunda pernah bertanya-tanya tentang kesiapan si kecil untuk mendapatkan pendidikan luar sekolah. Apakah ia sudah siap untuk berinteraksi dengan teman-teman dan gurunya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini dijelaskan cara untuk mengetahui apakah si kecil sudah siap untuk memulai pendidikan luar sekolah, yang dilansir dari laman babycentre.co.uk.

Sebenarnya, tak ada faktor tertentu yang menentukan kesiapan si kecil untuk mendapatkan pendidikan usia dini. Anda-lah yang menentukan apakah si kecil telah siap untuk berinteraksi dengan guru dan kawan-kawannya karena Anda yang paling mengetahui si kecil.

Namun, jika Anda masih bingung menentukannya, berikut ini ada beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda untuk menentukan apakah si kecil sudah siap untuk bersekolah:

- Apakah si kecil mampu menangkap instruksi yang Anda berikan?
Ini penting ditanyakan untuk memastikan ia mampu melakukan aktivitas di kelas. Jika ia telah memapu menangkap instruksi Anda, ia akan mengerti instruksi yang diberikan oleh gurunya kelak.

- Sudah mampukah si kecil memegang pensil?
Walaupun terkesan sepele, ini merupakan salah satu pertanyaan penting. Saat si kecil berada di sekolah, Anda tak dapat banyak membantunya. Jadi, jika Anda ingin si kecil tidak mengalami kesulitan, pastikan Anda menjawab pertanyaan ini dengan jawaban “ya”

- Apakah si kecil mulai menyukai buku-buku cerita yang penuh gambar?
Jika jawaban dari pertanyaan ini adalah “ya”, Bunda harus segera mendaftarkan si kecil untuk mendapatkan pendidikan pertamanya. Karena hal tersebut merupakan pertanda bahwa ia mulai tertarik untuk mengenal huruf-huruf.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading