Sukses

Parenting

Cara Menentukan Kesiapan Si Kecil Untuk Pendidikan Luar Sekolah (Bagian 2)

Dewasa ini, banyak Bunda yang mulai menganggap memberikan pendidikan luar sekolah merupakan hal yang penting bagi anak. Jika Bunda juga berpikiran hal yang sama, sepertinya Bunda harus mengetahui terlebih dahulu apakah si kecil sudah siap untuk mendapatkan pendidikannya yang pertama.

Di artikel sebelumnya, Bunda sudah diajak berkenalan dengan tiga pertanyaan yang dapat dijadikan pedoman bagi Bunda untuk menentukan kesiapan si kecil untuk mendapatkan pendidikan luar sekolah.

Kali ini, masih dengan topik yang sama, Bunda akan mengetahui pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu menentukan kesiapan si kecil untuk mendapatkan pendidikan pertama, seperti yang dilansir dari laman babycentre.co.uk:

- Apakah rasa ingin taunya terhadap sesuatu mulai berkembang?
Rasa ingin tau yang tinggi merupakan salah satu pertanda bahwa si kecil telah siap untuk mendapatkan pendidikan. Bunda bisa segera mendaftarkan si kecil untuk mendapatkan pendidikan pertamanya agar rasa ingin taunya terarah pada hal-hal yang positif.

- Apakah si kecil telah mampu berinteraksi dengan anak lain dengan baik?
Si kecil akan menghabiskan banyak waktu dengan teman-temannya jika ia mulai bersekolah. Jadi pastikan ia tidak memiliki kendala berarti dalam berinteraksi dengan sebayanya agar tidak menimbulkan permasalahan di sekolahnya kelak.

- Dapatkah si kecil bekerja secara kelompok?
Jika jawaban dari pertanyaan ini adalah “ya”, itu pertanda ia mulai mengetahui cara untuk berkompromi. Selain itu, hal ini juga pertanda bahwa secara emosi, anak Anda telah siap untuk bersekolah.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading