Sukses

Parenting

Membantu Si Kecil Mengenal Dunia dengan Pendidikan Luar Sekolah

Memberikan pendidikan luar sekolah tidak hanya dapat membantu perkembangan sosial si kecil. Tetapi juga dapat membuat si kecil melihat dunia lebih luas. Ia akan mulai mengetahui bahwa dunia tidak hanya terdapat ia dan lingkungannya, namun juga lingkungan-lingkungan lain yang ia tidak ketahui sebelumnya.

Dikutip dari laman babycantre.co.uk, pendidikan usia dini memang akan memberikan si kecil banyak pengalaman, termasuk juga mengenal budaya-budaya lain. Guru akan mulai mengenalkannya dunia yang dapat menumbuhkan imajinasinya. Jadi, Bunda harus siap ketika si kecil mulai menanyakan budaya-budaya yang baru ia ketahui.

Tidak hanya mengajari si kecil tentang budaya, ia juga akan mempelajari tentang hewan atau tumbuhan. Dengan mengajari si kecil tentang hal tersebut, ia akan mengetahui bahwa di alam ini, ia harus hidup berdampingan dengan hewan dan juga tumbuhan. Pelajaran ini akan menumbuhkan rasa cintanya pada lingkungan.

Tentu saja penyampaian pelajaran tersebut akan dikemas dengan cara yang yang menyenangkan bagi si kecil. Contohnya dengan menggunakan berbagai kostum atau dengan melakukan sebuah perayaan dari budaya tertentu di dalam kelas atau dengan mengunjungi kebun binatang bersama-sama.

Masa kanak-kanak merupakan masa yang penuh dengan rasa ingin tau. Dengan memberikan si kecil pendidikan usia dini, rasa ingin taunya akan semakin besar. Hal tersebut sangat baik bagi perkembangan kognitif si kecil. Namun, Bunda harus ingat untuk selalu mengarahkan rasa ingin tau si kecil pada hal-hal yang positif.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading