Sukses

Parenting

Perlukah Pendidikan Luar Sekolah Untuk Si Kecil?

Semakin beranjak usia si kecil maka dunianya pun akan semakin meluas. Ia akan mulai memperlajari lingkungan lain selain lingkungan rumah. Sebelum si kecil memasuki pendidikan di bangku sekolah biasanya ia akan terlebih dahulu memasuki pendidikan luar sekolah atau pendidikan usia dini.

Pemberian pendidikan luar sekolah pada balita memang masih dalam perdebatan. Banyak yang setuju dengan hal tersebut, namun tak sedikit juga yang menentang. Walaupun begitu, tak ada salahnya jika Bunda mencoba memberikan pendidikan usia dini.

Walaupun namanya pendidikan anak usia dini, isi dari pendidikan tersebut tidak seperti sekolah-sekolah formal. Pendidikan ini lebih cenderung dijadikan sebagai wadah bagi anak untuk bermain dan mengenal kehidupan sosial dengan mengenal teman-teman sebayanya.

Inti dari pendidikan untuk balita adalah bermain. Namun, permainan yang diberikan lebih terarah dengan maksud yang jelas. Contohnya seperti memberikan permainan untuk mengenalkan si kecil pada angka. Aktvitas-aktivitas yang diberikan harus dapat membuat si kecil merasa gembira.

Laman babycentre.co.uk juga melansir bahwa memberikan pendidikan pada balita dapat membuatnya semakin percaya diri. Aktivitas yang diberikan tentunya akan melibatkan si kecil dan teman-temannya. Dengan begitu, rasa percaya diri seorang balita untuk bersosialisasi seperti berbicara dengan teman sebayanya akan meningkat.

Nah,, bagaimana Bun? Tertarik memberikan si kecil pendidikan anak usia dini? Pendidikan ini tergolong sebagai pendidikan luar sekolah. Karena memang bukan merupakan salah satu jenjang pendidikan formal.

Oleh : Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading