Sukses

Parenting

Mengajari Si Kecil Anggota Tubuh Dengan Permainan Mengasuh Bayi

Membaca buku tentang anggota tubuh memang merupakan hal yang sangat baik, namun tak ada salahnya jika Bunda mengganti metode tersebut. Selain dengan membaca, Bunda bisa memperkenalkan si kecil pada anggota tubuhnya dengan melakukan permainan mengasuh bayi.

Bagaimana bentuk permainannya?

Laman babycenter.com pernah melansir sebuah permainan yang cukup sederhana tapi bermanfaat untuk mengajari si kecil bagian-bagian tubuh. Permainan tersebut dilakukan ketika Bunda sedang memandikan si kecil.

Bunda bisa menggunakan air hangat ketika memandikan si kecil. Tampung air pada bak khusus yang digunakan untuk mandi bayi. Cara bermain permainan ini cukup mudah, Bunda hanya perlu mengalirkan air dengan lembut pada bagian-bagian tubuh tertentu.

Setelah Bunda usai menyabuni tubuh si kecil, Bunda dapat membilas sabun tersebut dengan melakukan permainan ini. Bunda bisa mengajak si kecil berinteraksi dengan bertanaya “Mana perutmu?” dan kemudian Bunda mulai mengalirkan air pada bagian perutnya. Perlu diingat, saat mengalirkan air, Bunda harus ekstra lembut dan hati-hati.

Selanjutnya, Bunda bisa berganti pada bagian tubuh yang lainnya seperti kaki, tangan, dan juga kepala. Nah, kalau untuk kepala, Bunda harus lebih berhati-hati. Jangan sampai mata si kecil terkena air, karena akan membuat matanya menjadi pedih. Permainan ini cocok diberikan pada bayi berusia 7-12 bulan.

Bagaimana? Mudah bukan cara bermainnya? Bunda bisa mencoba permainan ini untuk mengajari si kecil bagian-bagian tubuhnya.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading