Sukses

Parenting

Seberapa Besar Tingkat Kemanjuran Imunisasi BCG? (IV)

Di ulasan sebelumnya telah dijelaskan seberapa besar tingkat kemanjuran imunisasi BCG di India. Kali ini, akan diulas tingkat kemanjuran imunisasi BCG di Amerika Serikat.

Seperti dilansir dari laman cdc.gov, sebelum tahun 1955, pengujian tingkat kemajuran vaksin BCG dilakukan menggunakan cairan BCG yang bermacam-macam. Hasilnya, tingkat kemanjuran vaksin tersebut berkisar antara 56-80%.

Pada tahun 1947 dan 1955, pengujian dilakukan menggunakan vaksin BCG bernama vaksin Tice. Hasil pengujian tersebut, tingkat kemanjuran vaksin adalah 0-75%.

Semenjak tahun 1975, berbagai pengujian telah dilakukan. Dari hasil pengujian tersebut, tingkat kemanjuran vaksin BCG berkisar antara 0% sampai 80%.

Pada balita dan anak-anak, tingkat kemanjuran vaksin BCG untuk mencegah penyakit meningitis tuberculous dan miliary tuberculosis adalah 52% sampai 100%. Sedangkan tingkat kemanjuran vaksin BCG untuk mencegah tuberkulosis paru adalah 2% sampai 80%.

Studi-studi di atas semuanya berfokus pada balita dan anak-anak. Baru pada tahun 1968, studi mengenai kemanjuran vaksin BCG terhadap orang dewasa dilakukan. Penelitian berlangsung hingga 1971.

Dalam studi tersebut, vaksin BCG diberikan pada orang dewasa yang belum pernah diberi vaksin BCG sebelumnya. Hasil studi tersebut, tingkat kemanjuran vaksin BCG adalah 0%, atau dengan kata lain tidak berpengaruh sama sekali.

15 tahun setelah pengujian pada orang dewasa, orang-orang dewasa tersebut dievaluasi lagi. Hasil evaluasi tersebut masih sama seperti 15 tahun sebelumnya, bahwa orang-orang dewasa yang diberikan vaksin BCG tidak mendapat perlindungan apapun dari vaksin tersebut.

Masih ada lagi kelanjutan tingkat kemanjuran vaksin BCG di Amerika Serikat. Simak di artikel selanjutnya ya Bun!

Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading