Sukses

Parenting

Kontraindikasi Imunisasi BCG

Kontraindikasi adalah kondisi atau faktor yang menyebabkan pengobatan harus ditunda. Imunisasi BCG ini juga memiliki kontraindikasi Bunda, apa saja itu?

Seperti dilansir dari phac-aspc.gc.ca, situs kesehatan di Kanada, imunisasi BCG tidak boleh diberikan kepada orang-orang berikut ini:

- orang dengan riwayat anafilaksis setelah pemberian vaksin sebelumnya;
- orang yang terbukti hipersensitif anafilaksis terhadap komponen-komponen di dalam vaksin atau wadah vaksin BCG;
- orang yang terganggu sistem imunnya, termasuk orang yang HIV, orang yang mengalami perubahan sistem imun akibat transplantasi atau penyakit yang ganas, dan orang yang mengalami gangguan sistem imun akibat kortikosteroid atau kemoterapi;
- wanita yang sedang hamil dan wanita yang memberi ASI pada anak;
- orang yang memiliki penyakit kulit ekstensif atau luka bakar;
- orang yang memiliki hasil positif setelah dites menggunakan tuberculosis skin test; dan
- orang yang memiliki penyakit serius.

Apabila orang yang akan diberi vaksin memiliki alergi terhadap komponen di dalam vaksin BCG atau alergi terhadap wadah vaksin, sebaiknya orang tersebut berkonsultasi dengan ahli alergi terlebih dahulu.

Sebelum bayi yang baru lahir diberi vaksin BCG, Ibunya harus dites HIV dulu. Apabila Ibunya tidak terjangkit oleh HIV, bayi tersebut baru boleh diberi vaksin BCG.

Masalah terhadap gangguan imun bisa juga disebabkan faktor keturunan lho Bun. Jadi, sebelum memberikan vaksin BCG, sebaiknya diperiksa apakah ada riwayat gangguan imun pada keluarga.

Itulah Bunda daftar kontraindikasi vaksin BCG. Alangkah baiknya jika Bunda memastikan kesehatan anak terlebih dahulu sebelum memberinya imunisasi BCG.


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading