Sukses

Parenting

Apakah Imunisasi BCG Itu? (IV)

Di artikel sebelumnya sudah dibahas kapan vaksin BCG pertama kali digunakan dan bagaimana penerapan vaksin BCG di Amerika Serikat. Di artikel kali ini akan dibahas tentang imunisasi BCG pada anak-anak dan kelemahan vaksin BCG.

- Imunisasi BCG pada Anak-anak

Seperti dilansir dari laman kingcounty.gov, vaksin yang digunakan dalam imunisasi BCG yaitu vaksin BCG sampai saat ini masih menjadi satu-satunya vaksin yang dapat digunakan untuk melawan tuberkulosis. Vaksin ini digunakan karena vaksin ini dapat mencegah terjadinya tuberkulosis pada balita dan juga anak-anak.

Vaksin BCG ini digunakan di negara-negara yang tingkat kelaziman tuberkulosisnya tinggi. Balita dan anak-anak di negara-negara tersebut sangat berisiko terinfeksi penyakit tuberkulosis ini.

Vaksin BCG ini diberikan kepada balita dan anak-anak untuk mencegah mereka terkena tuberculous meningitis dan miliary tuberculosis. Selain mencegah, vaksin ini juga dapat mengobati balita dan anak-anak yang sudah terjangkit oleh bakteri penyakit tuberkulosis.

- Kelemahan vaksin BCG

Informasi mengenai vaksin BCG di Amerika Serikat mungkin berbeda dengan informasi mengenai vaksin BCG di negara-negara yang lain. Biasanya perbedaan terdapat di kontradiksi vaksin BCG terhadap obat-obat lain. Perbedaan-perbedaan tersebut mungkin disebabkan perbedaan studi mengenai vaksin BCG dan perbedaan geografis di antara negara-negara tersebut.

Seperti dilansir dari who.int, vaksin BCG tidak dapat mencegah reaktivasi tuberkulosis yang tersembunyi, yaitu penyebab diseminasi basiler yang banyak terjadi di berbagai negara. Meskipun memiliki kelemahan dan kekurangan, vaksin BCG akan tetap berguna untuk melawan penyakit tuberkulosis yang melanda dunia ini.

Itulah Bunda informasi-informasi seputar imunisasi BCG. Lumayan untuk menambah wawasan Bunda, bukan?

Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading