Sukses

Parenting

Apakah Imunisasi BCG Itu? (III)

Di ulasan sebelumnya telah dijelaskan spesifikasi dari vaksin BCG dan siapa penemu vaksin BCG. Berikut ini akan diulas informasi-informasi lain terkait imunisasi BCG, yaitu sejak kapan vaksin BCG ini digunakan dan bagaimana penerapannya di negara Amerika Serikat.

- Kapan Pertama Kali Vaksin BCG Digunakan?

Seperti dilansir dari cdc.gov, vaksin ini pertama kali digunakan pada tahun 1921. Kemudian setelah vaksin tersebut dikenalkan kepada WHO, WHO memasukkan vaksin BCG tersebut ke dalam Program Perluasan Imunisasi pada tahun 1974. Sekarang, ada berbagai macam vaksin BCG di seluruh dunia.

- Penerapan Vaksin BCG di Amerika Serikat
Di Amerika Serikat, vaksin BCG tidak direkomendasikan untuk digunakan. Hal ini disebabkan, negara Amerika Serikat mempunyai risiko yang kecil untuk terinfeksi bakteri Mycobacterium Tuberculosis, bakteri penyebab penyakit tuberkulosis.

Selain itu, berdasarkan studi di negara Paman Sam tersebut, vaksin BCG ini tidak jelas keefektifannya apabila digunakan terhadap paru tuberkulosis orang dewasa.

Kemudian masalah lain mengapa Amerika Serikat tidak menggunakan vaksin BCG ini, karena vaksin tersebut menyebabkan kerancuan pada tuberculin skin test. Tuberculin skin test adalah tes untuk memeriksa apakah seseorang terkena infeksi tuberkulosis atau tidak.

Nah, saat seseorang diberi vaksin BCG ini, hasil tuberculin skin test berubah dari negatif menjadi positif, padahal orang tersebut dapat dipastikan sedang tidak terinfeksi oleh tuberkulosis. Kerancuan ini menjadi masalah tersendiri bagi Amerika Serikat, oleh sebab itu vaksin BCG ini tidak boleh digunakan secara sembarangan.

Vaksin BCG ini hanya boleh digunakan oleh orang yang memenuhi kriteria tertentu dan harus memperoleh izin dari ahli tuberkulosis.

Masih ada informasi-informasi lain seputar imunisasi BCG ini. Simak terus ya Bunda!

Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading