Sukses

Parenting

Apakah Imunisasi BCG Itu? (II)

Di artikel sebelumnya sudah diulas pengertian imunisasi BCG dan cara kerja vaksin BCG. Kali ini, akan diulas spesifikasi vaksin BCG dan siapa penemu vaksin BCG.

- Spesifikasi Vaksin BCG
Seperti dilansir dari tbsymptoms.net, vaksin BCG ini lemah apabila terkena cahaya. Vaksin ini dapat diimplementasikan secara intradermal (di dalam atau di antara lapisan kulit) pada bayi yang baru saja lahir.

Vaksin BCG ini mencegah bakteri jahat menyebar melalui darah dan melalui sistem limfatik. Dengan mencegah penyebaran tersebut, anak akan aman dari penyakit berbahaya disseminated tuberculosis (miliary tuberculosis) dan tuberculous meningitis.

Studi mengatakan bahwa vaksin BCG 50% efektif untuk menghalangi terjadinya tuberkulosis paru. Untuk menghalangi tuberkulosis-tuberkulosis yang lain, tingkat keefektifan vaksin BCG berada di antara 0-80%. Vaksin BCG dapat mencegah tuberkulosis menyerang tubuh manusia selama 15 tahun.

Namun, tingkat kekuatan perlindungan vaksin BCG ini berbeda-beda lho di tiap negara Bun. Perbedaan tingkat kekuatan tersebut disebabkan perbedaan geografis dan perbedaan laboratorium tempat menyimpan vaksin BCG tersebut.

- Penemu Vaksin BCG
Penemu vaksin ini adalah dua ilmuwan dari Pasteur Institute di Lille, Prancis yaitu Albert Calmette dan Camille Guerin. Oleh sebab itu vaksin ini diberi nama vaksin BCG atau vaksin Bacille Calmette-Guerin.

Masih ada informasi yang lain Bun seputar imunisasi BCG ini, simak terus ya!

Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading